Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Ir. H.T. Erry Nuradi, MSi dalam sambutannya saat meresmikan SMK N 1 Perbaungan di Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Perbaungan, Selasa pagi (29/5).

Turut hadir Ketua DPRD H. Azmi Yuli Sitorus SH MSP, Kapolres Sergai AKBP Arif Budiman SIK MH, Kajari Sei Rampah Erwin Harahap SH MH perwakilan Dandim 0204/DS, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry yang juga anggota DPRD Sumut, anggota DPRD Sergai, Asisten Ekbangsos Drs. Amirullah Damanik, para Kepala SKPD dan Camat Perbaungan Drs. Akmal.


Dikemukakan Bupati Erry Nuradi, sebagai bukti kepedulian Pemkab Sergai terhadap sektor pendidikan maka sejak tahun 2005 – 2012 telah dilakukan perbaikan sarana dan prasarana sekolah sudah mencapai 99% dengan membangun 30 unit sekolah baru, diantaranya 8 unit SMP Negeri termasuk SMP N 1 atap, 1 unit Sekolah Luar Biasa (SLB), 1 unit Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), 11 unit SMA Negeri, dan 7 SMK Negeri.
Dengan diresmikannya SMK N 1 Perbaungan ini, maka hingga tahun 2012 ini Kabupaten Sergai telah memiliki 7 SMKN dan 18 SMAN, dan hingga tahun 2014 pemerintah akan memfokuskan pembangunan gedung SMK, papar Bupati Sergai.

Dengan diresmikannya SMK N 1 Perbaungan diharapkan akan melahirkan wirausahawan-wirausahawan yang sukses dimasa yang akan datang. Oleh karena itu Pemkab Sergai menetapkan salah satu program prioritasnya untuk membangun 1 SMK Negeri di setiap kecamatan.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa pendidikan yang baik pada hakekatnya adalah pendidikan yang berkualitas, bermutu, standar harus memenuhi harapan, metodologi dan kualitasnya harus tepat serta guru yang berkualitas. Guna memacu semangat dan motivasi para guru, Pemkab Sergai memberikan perhatian khusus kepada guru dengan memberikan berbagai tunjangan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan guru, jelas Bupati Erry